BTemplates.com

Kamis, 12 September 2019

Benih Unggul Tanaman : Faktor Penting dalam Peningkatan Hasil Panen Pertanian di Indonesia.


Dalam upaya peningkatan produksi pertanian ada beberapa faktor yang berpengaruh.  Salah satu faktor yang mempengaruhi produksi adalah penggunaan benih.  Penggunaan benih unggul dalam budidaya pertanian harus dilakukan dalam mendongkrak hasil produksi. 
Heri Purwanto sebagai Nara Sumber Penyuluhan Pertanian Terkait Mutu Benih Padi
Varietas dan galur  unggul merupakan salah satu teknologi yang berperan penting dalam peningkatan produksi pertanian. Kontribusi nyata varietas / galur unggul terhadap peningkatan produksi padi nasional antara lain tercermin dari pencapaian swasembada beras pada tahun 1984 dan 2007. Hal ini terkait dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh benih unggul padi, antara lain berdaya hasil tinggi, tahan terhadap hama dan penyakit  utama, umur genjah, dan rasa nasi enak.

Benih bermutu mencakup mutu genetik, yaitu penampilan benih murni dari varietas tertentu yang menunjukkan identitas genetis dari tanaman induknya, Mutu fisiologis yaitu kemampuan daya hidup (viabilitas) benih yang mencakup daya kecambah dan kekuatan tumbuh benih dan mutu fisik benih yaitu penampilan benih secara prima dilihat secara fisik seperti ukuran homogen, bernas, bersih dari campuran, bebas hama dan penyakit dan kemasan menarik.
Diskusi Terkait Benih Gapoktan Ngembung Kec Cerme Gresik Bersama Heri Purwanto
Untuk mendapatkan benih bermutu dan tahan dismpan, selama budidaya perlu dilakukan teknik rouging dan beberapa pedoman standar cara penangkaran benih. Kemudian biji yang sudah dipanen perlu dikeringkan sampai dengan kadar air tertentu (misalnya padi 13 %) kemudian dilakukan pembersihan dan pemilahan. Gabah yang rencana dijadikan benih juga perlu untuk di uji terlebih dahulu daya tumbuh dan kecambahnya baik di lingkungan optimum maupun sub optimum (viabilitas dan vigor benih ) juga diperhatikan ada tidaknya serangan penyakit selama budidaya yang di kuatirkan akan ikut pada bulir padi yang disimpan dan dijadikan benih.Untuk menunggu benih sampai saatnya ditanam dan untuk mempertahankan mutunya selama disimpan, benih perlu dikemas dengan bahan kemasan (wadah) yang kedap udara seperti toples, kaleng, plastik polyetilen atau yang lannya.  Keuntungan penggunaan benih bermutu buatan sendiri adalah dapat dilakukan secara mandiri dan kualitasnya tidak kalah dibanding dengan benih dari produsen benih. Dengan demikian, petani dapat menghemat biaya produksi untuk membeli benih dan bahkan jika sudah mapan dapat diajukan untuk mendapat sertifikasi dari pihak yang berwenang.
Peserta Pelatihan Tetap Antusias dalam Acara Pelatihan Pertanian.
Pengunaan benih  unggul memberikan manfaat teknis dan ekonomis yang  banyak bagi perkembangan suatu usaha pertanian, diantaranya pertumbuhan tanaman menjadi seragam sehingga  panen menjadi  serempak, rendemen lebih tinggi, mutu  hasil  lebih tinggi dan sesuai dengan selera  konsumen, dan tanaman akan mempunyai ketahanan yang  tinggi terhadap gangguan  hama  dan penyakit  dan  beradaptasi yang  tinggi terhadap lingkungan sehingga dapat memperkecil penggunaan input seperti pupuk dan pestisida.

Untuk mengunduh materi penyuluhan pertanian terkait pemilihan benih padi Galur dan Varietas Unggul , Silahkan CLIK DISINI.

Untuk Deskripsi Tanaman Padi Oleh BBPADI Tahun 2019 , Silahkan dilihat dan diunduh dengan cara CLIK DISINI.


Oleh :
Heri Purwanto 
Lamongan - Jawa Timur.