BTemplates.com

Jumat, 23 Maret 2018

Kajian Ilmiah dan Manfaat Kesehatan dari Beras Hitam Nusantara.

Beras Hitam Sehat Yang di Kelola Oleh Heri Purwanto
Beras hitam merupakan varietas lokal yang mengandung pigmen (terutama antosianin) paling baik, berbeda dengan beras putih atau beras warna lain. Beras hitam memiliki rasa dan aroma yang baik dengan penampilan yang spesifik dan unik. Bila dimasak, nasi beras hitam warnanya menjadi pekat dengan rasa dan aroma yang menggugah selera makan (Suardi dan Ridwan, 2009).

Beras hitam dikenal oleh masyarakat dengan nama yang berbeda-beda. Penduduk di Solo mengenal beras ini dengan nama Beras Wulung, sedangkan di Cibeusi, Jawa Barat lebih dikenal dengan beras Gadog, di Sleman dikenal dengan beras Cempo Ireng atau beras Jlitheng, dan di Bantul dikenal sebagai beras Melik (Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, 2010).

Oki et al.,(2001) dalam Narwidina (2009) mengatakan bahwa beras hitam (Oryza sativa L.indica) memiliki perikarp, aleuron dan endosperm yang berwarna merah-biru-ungu pekat, warna tersebut menunjukkan adanya kandungan antosianin. Beras hitam mempunyai kandungan serat pangan (dietary fiber) dan hemiselulosa masing-masing sebesar 7,5% dan 5,8%, sedangkan beras putih hanya sebesar 5,4% dan 2,2% Beras hitam berasal dari tanaman padi hitam. Oryza sativa L.adalah nama ilmiah padi beras hitam.
Pola Perawatan Beras Hitam dengan Bahan Organik.
Kandungan antosianin pada beras hitam daerah Sleman dan Bantul yang berkisar antara 159,31-359,51 mg/100 g dan aktivitas antioksidan pemerangkapan DPPH (2,2-difenil-1-pikrilhidrazil) sebesar 68,968 - 85,287% (Ratnaningsih, 2010).Penelitian juga dilakukan oleh Park et al.,(2008) terhadap kandungan antosianin beras hitam (Heugjijubyeo) yang terdiri dari sianidin 3-O-glukosida, peonidin 3-O-glukosida, malvidin 3 – O -glukosida, pelagonidin 3 – O - glukosida dan delfinidin 3 – O - glukosida. Antosianin yang dominan adalah sianidin 3-glukosida (95%) dan peonidin 3-O-glukosida(5%).

Menurut Suryono, 2008, Beras hitam di China sekarang berfungsi sebagai obat dan bahan pangan, kadar vitamin, mikroelemen dan asam amino dari beras hitam semuanya lebih tinggi daripada beras biasa. Pigmen beras hitam memiliki peran yang paling baik diantara beras dengan warna lainnya. Pigmen yang terdapat pada beras hitam juga kaya akan flavonoid dan kadarnya lima kali lipat lebih banyak dari pada beras putih serta  berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber)

Kandungan dan manfaat beras hitam bagi kesehatan :

Beras hitam memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral lebih tinggi dibanding dengan beras putih pada umumnya (Ichikawa et al.,2001). Beras hitam mengandung 7sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9 - 4,4 ppm. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Pengkayaan zat besi pada beras untuk mengatasi anemia yang dewasa ini digalakkan tampaknya perlu mulai berpaling pada beras hitam atau beras merah.

Pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Beras hitam memiliki khasiat yang lebih baik dibanding beras merah atau beras warna lain. Beras hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker / tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia ( Kurang Zat Besi ).

Sedangkan manfaat beras yang masih saudara dekat beras hitam yaitu : Beras merah berkhasiat mencegah sembelit, cocok untuk diet, mencegah penyakit saluran pencernaan, meningkatkan perkembangan otak, menurunkan kolesterol darah, mencegah kanker dan penyakit degeneratif, menyehatkan jantung, dan mengandung vitamin B1dan mineral lebih tinggi dibanding beras putih (Anon., 2009).
Benih Padi Beras Hitam yang Siap di Tanam di Lahan.
Menanam padi beras hitam tidak ada perbedaan dengan metode dan cara menanam padi pada umumnya ( Beras putih atau beras merah ). Untuk beras hitam lokal memang butuh waktu yang lebih lama ( 5 - 6 bulan ) bila dibanding beras hitam hasil pemuliaan ( Galur Padi Beras Hitam ) saat ini yang rata – rata Cuma berusia 115 -125 hari dari sebar benih. Yang membedakan cara berbudidaya beras hitam dengan beras yang lain adalah hasil penen yang kita inginkan, jika kita menginginkan beras hitam yang sehat atau organik maka selama proses budidaya kita harus meminimalkan penggunaan bahan – bahan kimia sintetis dilahan misal penggunaan pestisida sintetis dan pupuk sintetis secara berlebihan. Akan lebih baik jika selama perawatan tanaman padi beras hitam kita usahakan pemberian nutrisi full organik, penggunaan pestisida organik dan kondisi air yang terkontrol dari pencemaran lingkungan misalkan pencemaran logam beramisalkan Timbal ( Pb ) , Mercury atau limbah pabrik lainnya.

INFORMASI
Heri Purwanto – Telp / WA 085 330 85 42 16
Lamongan – Jawa Timur.