BTemplates.com

Minggu, 01 April 2018

Pengamat : Pemerintah Bangga dengan Benih Tidak Adaptif Tapi Lupa dengan Varietas Unggul Lokal.

Salah Satu Jenis Padi Hasil Pemuliaan dari Varietas Lokal Nusantara.
Pengamat Ekonomi Pertanian, Andi Sinulingga, menyayangkan sikap pemerintah yang melupakan benih varietas unggul lokal. Pasalnya, pada saat ini pemerintah khususnya Kementerian Pertanian hanya bangga dengan varietas benih yang diproduksi perusahaan-perusahaan besar yang tidak sepenuhnya adaptif di daerah dan lupa dengan benih-benih unggul yang sudah bertahun-tahun berkembang di daerah.

Menurut Andi , Pemerintah selalu bangga dengan benih varietas unggul yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar, sementara penangkar benih lokal yang menghasilkan benih-benih unggul dan sangat adaptif di daerahnya diabaikan.

Lebih lanjut, Pada saat ini yang terjadi adalah para petani selalu dijejali sumbangan benih dari pemerintah yang tidak sepenuhnya adaptif di daerah yang ada di seluruh Indonesia.
Upaya Heri Purwanto Untuk Menyelamatkan Benih Keturunan Varietas Lokal.
Pemerintah tidak memperhatikan potensi dan keadaan iklim di daerah yang bersangkutan apakah adaptif atau tidak, tetapi benih subsidi terus disalurkan dan mematikan penangkar dan pemulia benih benih lokal Nusantara yang saat ini masih banyak bertebaran dipelosok - pelosok daerah

Kebijakan Pemerintah yang senantiasa mengunggulkan varietas unggul baru dinilai langkah tersebut sangat tidak memihak kepada para petani lokal. Selain karena benih yang disalurkan kurang adaptif, juga menimbulkan masalah baru dengan munculnya hama dan penyakit tanaman baru. Penangkar benih lokal juga terus ditekan dengan jejalan benih subsidi yang produktivitasnya jauh di bawah benih unggul lokal yang ada dan sudah adaptif didaerah tertentu.Selanjutnya jika pemerintah memiliki perhatian besar kepada para petani lokal, upaya pemberdayaan benih lokal harus bisa dimaksimalkan.
Upaya Heri Purwanto dalam Menyimpan Keturunan Benih Lokal.
"Penangkar-penangkar yang ada harus terus diperdayakan dengan bantuan subsidi pemerintah, sehingga usaha dan kreativitas petani penangkar terus ditingkatkan dan hasil pangan petani terus dijaga. Jangan sebaliknya, penangkar lokal justru ditekan,"ujar Andi Sinulingga yang disampaikan lewat media Jitunews.com

Disadur dari Sumber : Jitunews.com