BTemplates.com

Minggu, 05 Mei 2019

Pendampingan Kesehatan Lahan Sawah Tambak di kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan.


Tanah merupakan salah satu unsur alam yang sama pentingnya dengan air dan udara. Tanah adalah suatu benda alami, bagian dari permukaan bumi yang dapat ditumbuhi oleh tumbuh- tumbuhan dan mempunyai sifat - sifat sebagai hasil kerja faktor - faktor iklim dan jasad hidup (organisme) terhadap bahan induk yang dipengaruhi oleh keadaan topografi dalam jangka waktu tertentu  (Sitorus, 2008).
Heri Purwanto : Menyampaikan Materi Revolusi & Fermentasi Kesehatan Lahan di Kec. Glagah Lamongan.
Tanah, sebagai sumberdaya alam untuk keperluan pertanian, mempunyai dua fungsi utama, yaitu sebagai sumber unsur hara bagi tumbuhan dan sebagai media tempat akar tumbuhan berkembang, penyimpanan air tanah serta tempat unsur-unsur hara dan air ditambahkan.
Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan seperti pengalih fungsian  lahan pertanian menjadi lahan bangunan (pemukiman dan perindustrian) untuk mendukung kebutuhan manusia, Pengunaan pupuk kimia sintetis yang terus - menerus dengan dosis berlebihan ( melebihi standar ), penggunaan herbisida dan pestisida kimia dan pencemaran lingkungan  pada tingkat yang ada sekarang memberikan  tekanan yang berlebihan terhadap lingkungan.

Salah satu dampak yang terjadi  pada lahan pertanian adalah terjadinya kontaminasi tanah.  Berbagai  kontaminan  yang masuk ke dalam tanah akan mengakibatkan menurunnya fungsi tanah  sebagai  salah satu penyebab Kerusakan tanah atau degradasi tanah. Degradasi  tanah akan diikuti dengan penurunan  produktivitas lahan. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan serius karena dapat merugikan petani serta menghambat usaha peningkatan produksi / hasil panen dan keamanan produk pertanian, yang pada akhirnya dapat mengancam ketahanan dan keamanan pangan nasional.
Bahan Sederhana ( Limbah ) Jika Dikelola Bisa Jadi Berkah di Sawah
Untuk Materi Pemulihan dan Revolusi Kesehatan Lahan dan Kemandirian Petani akan Sarana Revolusi Kesehatan Lahan Sawah Tambak. Silahkan Unduh dan CLIK DISINI.

Penyampaian Materi Oleh :
Heri Purwanto - Telp / Wa. 085 330 85 4216
Lamongan - Jawa Timur.