BTemplates.com

Senin, 19 Maret 2018

Beras Merah Wangi : Potensi Alam Untuk Menyehatkan Indonesia.

Beras Merah Wangi Agro Mas Nusantara.
Di beberapa Negara Asia, beras merah dikaitkan dengan kemiskinan karena jarang dikonsumsi kecuali oleh orang yang menderita sakit. Dengan banyaknya manfaat positif yang diberikan, beras merah menjadi salah satu sumber pangan yang sehat sehat.
Tabel Perbandingan Kandungan Nilai Gizi  beras putih dengan merah
Kandungan Gizi
Komponen (gram)
Beras putih
Beras merah
Kalori
360
359
Protein
6.8
7.5
Lemak
0.7
0.9
Karbohidrat
78.9
77.6
Serat
0.6
2
Ca
10
16
P
140
163
Fe
1.2
5.5
Mn
0.5
3.3
Vitamin A
0
0
Vitamin B
0.12
0.12
 Sumber Anonim, 2005 cit. Narwidiana 2009

Beras merah  memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan beras putih yang biasanya dikonsumsi.

Memiliki kandungan protein lebih tinggi dibandingkan  beras putih.
Dengan kandungan protein yang lebih tinggi,mengkonsumsi beras merah dapat mempengaruhi proses pertumbuhan dan pembentukan jaringan dan organ pada manusia sehingga berlangsung dengan baik

Memiliki karbohidrat yang lebih rendah.
Dengan rendahnya kadar karbohidarat, glokusa yang dihasilkan akan semakin rendah sehingga resiko terkena penyakit diabetes lebih kecil jika kita mengkonsumsi beras putih

Kandungan kalsium (Ca) yang lebih tinggi.
Memakan makanan yang banyak mengandung banyak kalsium akan  membantu  proses pembentukan tulang berjalan dengan baik serta mengurangi terjadinya pengeroposan tulang. Sekitar 99% kalsium berada di jaringan keras tubuh kita, seperti di tulang atau gigi,sedangkan 1% sisanya bersirkulasi dalam darah dan ini sangat penting dalam kehidupan dan kesehatan

Kandungan phosphor yang lebih tinggi.
Mengkonsumsi makanan mengandung fosfor bisa memberikan manfaat seperti tulang dan gigi yang kuat, membantu tubuh menciptakan energi untuk beraktifitas dan membantu tubuh menyerap vitamin B.

Kandungan Zat besi yang lebih tinggi.
Jika di dalam tubuh tidak terdapat zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan jaringan atau tubuh pada umumnya. hal ini akan mengakibatkan munculnya  penyakit yang dikenal sebagai anemia.

Di Indonesia, beras merah mulai dibudidayakan dalam skala luas. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terdapat beberapa jenis lokal padi merah yakni padi cempo merah, Saodah Merah dan Andel Merah. Di daerah Sumatera Barat , terdapat beberapa jenis padi merah local yakni Nabara, Pahlawan, Dolok Nabara, Pulau Manggis

Antosianin
Pigmen larut air yang secara alami terdapat pada berbagai jenis tumbuhan dan memberi warna pada tumbuhan. Dalam media asam, antosianin berwarna merah, dan pada media basa, antosianin berubah menjadi ungu dan biru. 

Aleuron
protein granular yang ditemukan pada endosperma  yang membentuk lapisan terluar dari biji-bijian

Pati
Pati beras tersusun dari dua polimer karbohidrat:
amilosa, pati dengan struktur tidak bercabang
amilopektin, pati dengan struktur bercabang dan cenderung bersifat lengket.

Perbandingan komposisi kedua golongan pati ini sangat menentukan warna (transparan atau tidak) dan tekstur nasi (lengket, lunak, keras, atau pera). Ketan hampir sepenuhnya didominasi oleh amilopektin sehingga sangat lekat, sementara beras pera memiliki kandungan amilosa melebihi 20% yang membuat butiran nasinya terpencar-pencar (tidak berlekatan) dan keras. 
Proses Pengiriman Beras Merah Wangi Oleh Heri Purwanto
Apakah benar kandungan gizi beras merah lebih baik

Nasi merah sering dijadikan alternatif makanan pokok selain nasi putih. Bahkan nasi merah dijadikan asupan utama bagi mereka yang sedang berdiet atau menjalani pola hidup sehat.
Apakah Anda tahu apa saja perbedaan beras merah dengan beras putih dari segi kandungan gizi? Ini jawabannya.

1. Seratnya lebih tinggi
Beras merah dianggap sebagai salah satu jenis beras yang paling bernutrisi, karena proses produksinya tanpa pembuangan kulit. Satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 4.5 gram protein, 1.8 gram lemak, 3.5 gram serat, dan 45.8 gram karbohidrat.

Sedangkan dengan porsi yang sama, beras putih mengandung 242 kalori, 4.4 gram protein, 0.4 gram lemak, 53.2 gram karbohidrat, dan 0.6 gram serat. Beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

2. Vitaminnya lebih banyak
Beras merah merupakan sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik. Pada satu porsi beras merah mengandung 0.2 mg thiamine, 2.6 mg niacin, dan 0.3 mg vitamin B6.
Beberapa beras putih yang dijual di pasaran kini menambahkan vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan. Vitamin B ini penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

3. Mineralnya lebih kaya
Setiap porsi beras merah dapat memberikan kandungan 86 mg magnesium (22% dari anjuran asupan harian) dan 150 mg fosfor (15% dari anjuran asupan harian).
Sedangkan beras putih ‘hanya’ menyumbang 24 mg magnesium dan 69 mg fosfor. Magnesium penting untuk menjaga fungsi imunitas, jantung, dan saraf.
Sementara fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fungsi ginjal, tulang, dan gigi.

4. Indeks glikemiknya lebih rendah, baik untuk mengontrol gula darah
Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006, mereka yang makan beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan jika dibandingkan dengan beras putih.

Mengapa? Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik beras merah lebih rendah (55) jika dibandingkan dengan beras putih (86). Hal ini dikarenakan oleh kandungan serat, polifenol dan phytic acid yang lebih tinggi pada beras merah.

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula di dalam darah. Indeks glikemik yang rendah mengindikasikan makanan tersebut lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Dengan mengganti konsumsi nasi putih Anda dengan nasi merah, menurut penelitian yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine tahun 2011, risiko diabetes Anda dapat menurun.

5. Kalorinya lebih sedikit, efektif menurunkan berat badan
Mengganti nasi putih yang biasa Anda konsumsi dengan nasi merah dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, karena menyumbang kalori lebih sedikit.

Selain itu, nasi merah memiliki kadar serat yang lebih tinggi sehingga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang dan tidak makan berlebihan. Namun, dengan mengonsumsi nasi merah yang dimasak dari beras ini setiap hari tidak serta-merta akan membuat Anda menjadi langsing.  Karena dalam menurunkan berat badan, Anda perlu mengonsumsi kalori lebih sedikit dan membakar kalori lebih banyak melalui olahraga.

Beras Merah Wangi adalah salah satu terobosan ilmu pemuliaan tanaman padi yang dilakukan oleh para pemulia. Tujuan dari perakitan galur beras merah wangi adalah menciptakan rasa dan tekstur nasi beras merah yang lebih pulen dan beraroma wangi, sehingga kesan beras merah yang selama ini terkenal dengan nasi yang beraroma apek dengan tekstur keras ( pera ) bisa dihilangkan. Selain itu diharapkan juga bisa meningkatkan nilai jual dan harga beras merah yang dibudidayakan oleh petani nusantara. Untuk kandungan gizi dari galur beras merah wangi sampai saat ini masih dalam tahap penelitian.  


Informasi Lebih Lanjut :
Heri Purwanto
Lamongan - Jawa Timur.
Telp / Wa. 085 330 85 4216